IBX592EBDAB2431E

e-commerce-hosting.net akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Selasa, 14 Desember 2021

5 Kondisi yang Membuat Si Kecil Kehilangan Selera Makan

Ada banyak cara untuk mengatasi anak yang malas makan, seperti memberinya vitamin untuk anak malas makan, menyiapkan makanan favoritnya, dan sebagainya. Namun, ada baiknya jika Bunda menganalisa sumber masalahnya terlebih dahulu sebelum memutuskan langkah yang akan diambil. Sebab beda penyebab, beda juga penanganan yang diterapkan.

5 Kondisi yang Membuat Si Kecil Kehilangan Selera Makan

Untuk membantu Bunda menganalisis, berikut kondisi-kondisi yang membuat anak susah makan :


  • Picky eater

Sesuai namanya, istilah ini merujuk pada seseorang yang hanya memilih makanan tertentu untuk dikonsumsi. Anak cenderung mudah menjadi picky eater karena mereka berada dalam tahap pengenalan pada macam-macam jenis makanan. Menghadapi anak yang pemilih dapat dilakukan dengan menyediakan 10-15 menu baru secara bergiliran, sampai akhirnya anak terbiasa menyantap berbagai makanan dan minuman yang Bunda sajikan.


  • Hanya menerima satu jenis makanan

Berbeda dari picky eater, anak yang mengalami masalah ini biasanya hanya mau mengonsumsi satu jenis makanan selama beberapa hari atau minggu. Hal ini muncul karena sang buah hati tertarik dengan satu rasa yang sudah dikenali. Jangan paksa anak menghentikan kebiasaan ini, karena akan membuatnya semakin enggan menerima makanan lain. Bunda bisa mengakalinya dengan mengajak anak belanja bersama sambil memperkenalkannya dengan macam-macam bahan baku makanan. Atau Bunda bisa menggabungkan makanan yang sedang disukai tersebut dengan makanan lain untuk memperkenalkan rasa baru pada anak.


  • Menolak makan hidangan tertentu

Salah satu masalah umum yang dialami anak adalah menolak makanan tertentu. Ada dua pola untuk masalah ini, ada yang biasanya mau menyantap tapi tiba-tiba menolak, dan ada yang memang sejak awal menolak makanan tersebut. Untuk kasus pertama, Bunda harus mencari apa penyebab anak tiba-tiba menolak? Misalnya pernah memakanan makanan tersebut dan menemukan rasa yang tidak enak, atau hal lainnya. Sementara untuk kasus kedua, mungkin agak sulit diatasi. Namun Bunda bisa mencobanya dengan mengombinasikan bahan makanan tersebut dengan makanan favorit anak.


  • Tiba-tiba tak mau menyantap makanan favorit

Memberikan makanan favorit adalah hal termudah bagi orang tua untuk menjaga anak tetap sehat. Namun, bagaimana kalau anak mendadak menolaknya? Tak usah panik, karena kondisi tersebut umumnya berlangsung sementara. Bunda bisa berikan makanan lain yang masih ‘satu saudara’ dengan makanan favoritnya. Misalnya kalau anak sedang menolak minum susu, suguhkan produk susu seperti keju atau yoghurt sebagai pengganti sementara.


  • Mau mengonsumsi makanan cepat saji saja

Fast food atau makanan cepat saji memang menimbulkan efek addictive, termasuk pada anak. Mengatasi hal ini pun relatif sulit kalau anak sudah sangat ketergantungan. Sementara fast food yang dikonsumsi berlebihan dapat membahayakan kesehatan. Bunda dapat mengatasinya dengan membuat makanan sehat yang mirip dengan fast food favorit kesukaan si Kecil. Tambahkan buah dan sayur secara perlahan sampai anak bersedia menerima makanan dari Bunda.


Setelah mengidentifikasikan penyebabnya, maka Bunda bisa berusaha mencari penyelesaian yang tepat. Jangan lupa juga untuk memberikan anak vitamin penambah nafsu makan untuk membantu Bunda mengatasi masalah ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Kondisi yang Membuat Si Kecil Kehilangan Selera Makan