IBX592EBDAB2431E

e-commerce-hosting.net akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Selasa, 14 Desember 2021

Ragam Dokumen Impor Dari Jepang yang Perlu Diketahui, Apa Saja?

Ketika hendak melakukan impor, tentu memilih jasa pengiriman luar negeri yang tepat menjadi salah satu hal paling penting untuk dilakukan. Namun, selain memilih jasa pengiriman yang tepat, Anda perlu mengetahui ragam dokumen impor yang diperlukan. Sebagaimana diketahui, dalam keperluan impor, ada beberapa dokumen yang harus dipersiapkan.

Sebagaimana diketahui, kegiatan impor adalah transaksi yang berlangsung antar negara sehingga memiliki regulasi serta kebutuhan yang berbeda. Terlebih, ada risiko keamanan dari kegiatan tersebut yang juga harus dipahami, terutama mengenai aspek legalitas setiap pengiriman barang.

Lantas, apa saja dokumen impor dari Jepang yang perlu diketahui dan dipersiapkan? Simak ulasan selengkapnya!

Ragam Dokumen Impor Dari Jepang yang Perlu Diketahui, Apa Saja


Beberapa Dokumen Impor Dari Jepang yang Perlu Disiapkan

Berbincang tentang dokumen impor dari Jepang, ada beberapa jenis dokumen impor yang perlu diperhatikan. Adapun beberapa dokumen impor yang diperlukan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1)      Invoice

Invoice atau faktur adalah salah satu dokumen utama yang harus ada dalam kegiatan impor. Dokumen ini berfungsi sebagai bukti dari transaksi yang dilakukan.

Perlu diketahui bahwa dari kegiatan impor yang dilakukan nantinya ada pajak yang harus dibayarkan ke pihak negara. Nah, invoice ini adalah salah satu elemen yang digunakan untuk melakukan perhitungan pada besaran pajak yang harus dibayarkan.


2)      Packing list

Dokumen lain yang penting diperhatikan ketika melakukan impor adalah packing list. Sesuai namanya, dokumen ini berisi tentang spesifikasi detail dari barang impor sesuai dengan invoice yang digunakan. Fungsi utama dari dokumen packing list adalah untuk memudahkan importir mengetahui isi barang dalam kontainer ketika ada pemeriksaan.

Dalam bahasa yang lain, packing list disebut juga dengan istilah surat jalan. Nah, di dalam dokumen ini, ada beberapa informasi yang perlu dicantumkan, yaitu :

·         Nama barang

·         Nomor dan tanggal dari packing list

·         Jumlah kemasan barang

·         Berat bersih dan berat kotor


Tentu saja, informasi di atas harus ditulis dengan lengkap. Juga, harus dibubuhkan tanda tangan sebagai bentuk legalitas.


3)      Bill of loading

Bill of loading adalah dokumen sebagai bukti dari pengiriman yang dilakukan. Dengan adanya dokumen ini, maka pengiriman barang dari Jepang yang dilakukan bisa dijamin legal dan aman. Hal inilah yang menjadikan bill of loading menjadi dokumen yang sangat penting dan perlu disimpan dengan baik.

4)      Polis asuransi

Dokumen penting lain yang perlu diperhatikan dari aktivitas impor adalah polis asuransi. Ini adalah dokumen yang digunakan sebagai surat bukti dari penanggungan yang dikeluarkan oleh pihak asuransi yang bekerja sama dengan jasa importir. Dengan adanya dokumen ini, maka ada perlindungan barang dari risiko kerusakan selama pengiriman.

Beberapa dokumen di atas adalah ragam dokumen penting yang perlu diketahui perihal impor. Nah, untuk kemudahan pengurusan dokumen dan proses pengiriman, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id sebagai jasa pengiriman Jepang ke Indonesia.

Deskripsi: jasa pengiriman Jepang ke Indonesia penting dipertimbangkan. Namun, Anda juga perlu mengetahui kelengkapan dokumen impor untuk aspek legalitas. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ragam Dokumen Impor Dari Jepang yang Perlu Diketahui, Apa Saja?