IBX592EBDAB2431E

e-commerce-hosting.net akan memberikan beberapa konten menarik tentang masalah anak remaja yang sedang patah hati, bahagia dan banyak lainnya disini memberikan konten Ucapan, Puisi, Kata Kata, Pantun, Cerpen dan Contoh

Selasa, 28 Juni 2022

Bumil, Yuk Kenali Tanda-tanda Kontraksi Palsu Biar Gak Keliru!

            Selama masa kehamilan, bumil wajib melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter kandungan terpercaya dekat dengan rumah bumil. Bila rumah Anda berada di Jakarta, misalnya, maka  bisa melakukan konsultasi dokter kandungan Jakarta yang terpercaya. Dengan melakukan konsultasi ini, maka bumil akan mengetahui kondisi serta mendapatkan informasi seputar kandungan, misalnya saja kontraksi palsu. Ya, perlu diketahui bahwa ternyata kontraksi itu ada kontraksi palsu juga atau biasa disebut dengan Braxton Hicks. Nah, bumil juga wajib tahu nih kapan dan tanda-tanda pada kontraksi palsu bisa datang. Jadi, bumil tidak perlu panik dan langsung pergi ke rumah sakit jika tiba mengalami gejala seperti kontraksi.

Lalu apa sih kontraksi palsu itu dan bagaimana tanda-tandanya? Mari kita simak bersama!

 Bumil, Yuk Kenali Tanda-tanda Kontraksi Palsu Biar Gak Keliru!

Bumil, Yuk Kenali Tanda-tanda Kontraksi Palsu Biar Gak Keliru!

Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu atau Braxton Hicks adalah kontraksi dengan pola tidak teratur yang kerap timbul pada masa kehamilan. Biasanya, kontraksi ini muncul pada trimester kedua ataupun ketiga. Namun, tidak semua ibu hamil akan mengalami kontraksi palsu ini.

 

Ciri-ciri Kontraksi Palsu

Bagi para ibu hamil dengan anak pertama pasti masih minim akan informasi mengenai kontraksi palsu. Berikut ciri-ciri kontraksi palsu yang terjadi, diantaranya :

  1. Frekuensi kontraksi tidak menentu

Biasanya pada kontraksi palsu akan berlangsung dalam waktu yang bervariasi, mulai dari 30 detik sampai 2 menit dengan interval yang tidak teratur.

  1. Kontraksi Tanpa Rasa Nyeri

Pada kontraksi palsu, ibu hamil akan merasakan pengencangan di perut bagian bawah dan selangkangn. Muali dari bagian atas rahim dan kemudian turun ke bagian bawah rahim.

  1. Rasa Mulas

Ibu hamil akan merasakan rasa mulas yang muncul secara tidak stabil, tidak bertambah kuat, atau berkurang dari sebelumnya.

  1. Adanya Rasa Nyeri di Perut

Ketika ibu hamil mengalami kontraksi palsu, maka akan timbul rasa nyeri yang terjadi di perut bagian bawah sedangkan pada kontraksi yang sesungguhnya akan menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan di bagian bawah perut.

 

  1. Adanya Ketidaknyamanan

Jika ibu hamil merasa tidak nyaman ketika sedang mengalami kontaksi palsu, bisa diredakan dengan memperbanyak istirahat, mandi air hangat dan mencoba pijat ibu hamil.

 

Menghadapi Kontraksi Palsu

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa jika ibu hamil mengalami kontraksi palsu pasti akan merasa tidak nyaman. Nah, berikut ada beberapa tips untuk menghadapi kontraksi palsu, diantaranya :

1.       Lakukan aktivitas seperti berjalan untuk mengurangi rasa yang menganggu pada ibu hamil.

2.       Dianjurkan untuk para ibu hamil untuk melakukan check-up secara rutin untuk mengetahui kapan waktunya si kecil mencoba untuk keluar dengan adanya kontraksi yang sesungguhnya.

3.       Mandi dengan air hangat untuk membantu merileksasikan otot-otot sekitar perut.

4.       Jangan lupa untuk selalu terhidrasi. Kontraksi palsu bisa juga terjadi karena ibu hamil yang sedang dehidrasi.

5.       Lakukan latihan pernapasan untuk mengatasi rasa ketidaknyamanan pada ibu hamil.

Bagi para ibu hamil, tidak perlu khawatir lagi ya akan kontraksi palsu! Kamu bisa lakukan tips-tips di atas untuk mengatasi rasa ketidaknyamanannya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumil, Yuk Kenali Tanda-tanda Kontraksi Palsu Biar Gak Keliru!